Laporan HRW: Khadafi Tewas Ditusuk Bayonet


Sebuah penyelidikan terbaru soal penyebab kematian Khadafi menunjukkan bahwa mantan diktator Libya itu bukan tewas tertembak. Dalam otopsi, Khadafi diketahui ditusuk bayonet oleh tentara pemberontak.


Diberitakan Telegraph, Rabu 17 Oktober 2012, laporan dariHuman Right Watch (HRW) ini adalah yang paling rinci dibanding laporan penyelidikan sebelumnya. Dalam laporan dikatakan, Khadafi terluka akibat pecahan granat yang meledak di dekatnya di kota kota Sirte.



Dia kemudian ditusuk pisau bayonet dari jarak dekat oleh seorang tentara pemberontak. Serangan ini menyebabkan Khadafi kehilangan banyak darah. Laporan HRW menunjukkan bahwa Khadafi kemungkinan sudah tewas ketika dia ditembak di kepala.



Beberapa jam sebelum dia tewas, tulis laporan HRW, sedikitnya 50 konvoi kendaraan pelindung Khadafi berisikan 250 tentara dihadang di Sirte saat mereka kabur dari Tripoli Agustus tahun lalu. Dua rudal Nato berhasil membuat rombongan ini kocar-kacir. Tentara Khadafi yang terpecah berhadapan langsung dengan tentara pemberontak.



Menurut HRW, sebanyak 103 orang terbunuh dalam peristiwa itu. Khadafi bersembunyi di dalam saluran air bersama menteri pertahanannya Abu Bakar Younis dan seorang pengawal. Pengawal ini lantas melemparkan granat kepada pemberontak, namun terpental kembali ke arahnya dan meledak. 



Younis dan pengawal tersebut meninggal. Khadafi mengalami luka parah di kepalanya. Khadafi lantas diseret ke tengah jalan oleh para pemberontak, seseorang di antaranya menusukkan bayonet, sementara yang lainnya memukuli dan melecehkannya. 



Dalam laporan juga dikatakan bahwa para pemberontak juga membunuh putra Khadafi, Muttasim, dan para pengikut setianya. Dokter yang melakukan pemeriksaan post mortemterhadap pemimpin berusia 69 tahun ini juga diancam dibunuh jika menyebarkan hasil temuannya.

Laporan HRW ini membantah hasil penyelidikan pemerintah Libya yang mengatakan bahwa Khadafi mati dalam baku tembak.
Laporan HRW ini didasarkan dari pengumpulan data dan fakta selama setahun terakhir. Di antaranya yang dijadikan pertimbangan adalah bukti video dan saksi mata. HRW mengatakan, mereka bahkan punya rekaman kamera handphone yang belum disunting pasca penangkapannya.


"Dalam rekaman yang  kami miliki, terlihat Khadafi hampir telanjang dan terlihat tidak bernyawa diangkut menggunakan ambulans," tulis HRW.

Description: Laporan HRW: Khadafi Tewas Ditusuk Bayonet
Rating: 5
Reviewer: 98827 ulasan
Item Reviewed: Laporan HRW: Khadafi Tewas Ditusuk Bayonet
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Internasional / Libya dengan judul Laporan HRW: Khadafi Tewas Ditusuk Bayonet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kreativitas-bersama.blogspot.com/2012/10/log-in-viva-bola-life-socio-blog-forum.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 17 Oktober 2012

Belum ada komentar untuk "Laporan HRW: Khadafi Tewas Ditusuk Bayonet"

Posting Komentar